Posted by : Asep Muharam Minggu, 29 Juli 2012

Berbicara mengenai wisata alam di Yogyakarta,tidak  ada salahnya kita langsung menuju gunung kidul.Karena banyak sekali wisata alam yang sangat menarik di kabupaten ini.Mulai dari goa,pantai,air terjun dan masih banyak lainya.Salah satunya yang menarik untuk kita kunjungi adalah goa pindul.
Gua Pindul terletak di daerah Dusun Gelaran l, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Yap, disini kita akan merasakan serunya sensasi menelusuri sungai menuju ke dalam perut gua dengan menggunakan ban mobil sebagai pelampungnya, asik.
Kegiatan ini dinamakan Cave Tubing. Aliran sungainya yang tenang, membuat kegiatan ini aman dilakukan oleh siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Nah, waktu yang tepat untuk bertubing ria adalah sekitar pukul 09.00 atau pukul 10.00 pagi.
Hanya dengan membayar Rp 25.000,(minimal 5 orang), kamu sudah mendapatkan fasilitas perlengkapan cave tubing, seperti ban pelampung, life vest, serta head lamp yang semuanya sudah disediakan oleh pengelola,serta pemandu. Cave tubing sendiri buka dari senin sampai minggu, pukul 08.00 – 16.00 wib. Buat kamu yang tertarik, disarankan untuk reservasi dulu, beberapa hari sebelumnya.
Disini, kita akan berpetualang menyusuri sungai yang mempunyai panjang 300 m ini. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan keindahan alam yang menawan, yaitu stalaktit dan stalagmit yang begitu indah seperti tirai raksasa menempel di langit-langit gua. Stalaktit dan stalagmit ini, berusia mencapai ribuan tahun.  Stalagtit terbesar keempat di dunia, juga terdapat disini dan masih aktif hingga kini.
                 menyusuri goa pindul
Ada pula stalagtit gong yang bila dipukul menghasilkan suara mirip gong, dan membahana terpantul dinding-dinding gua. Di bagian langit-langit gua, banyak ceruk-ceruk yang dibuat oleh kelelawar. Di tengah gua, terdapat satu tempat seperti kolam besar dan biasanya dijadikan tempat beristirahat atau berenang. Nah, jika cuaca sedang cerah, cahaya matahari yang terang akan menerobos celah-celah dinding gua, menambah suasana petualangan menjadi terasa liar, hehe.
Ternyata, gua pindul mempunyai legenda yang dipercaya sampai turun temurun, lho. Asal usulnama Gua Pindul sendiri, nggak bisa dipisahkan dari cerita pengembara Jokko Singlulung, seorang pengembara yang sedang mencari ayahnya.
Suatu hari, Joko Singlulung memasuki gua-gua tersebut. Ketika hendak masuk ke salah satu gua, Joko Singlulung terbentur batu. Nah, itulah awal mula gua ini dinamakan Gua pindul, yang berasal dari kata pipi gebendul.
Setelah kurang lebih 45 – 60 menit menyusuri sungai, pengarungan berakhir di Bendungan Banyumoto, sebuah bendungan yang dibangun sejak jaman Belanda dengan latar belakang perbukitan kars. Nah, bila masih kurang puas bermain air, kamu juga bisa terjun bebas dari ketinggian 3 meter dari atas bendungan, lho.
 Sumber  :  http://sinntesa.blogspot.com/2012/07/cave-tubing-di-goa-pindul.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Páginas vistas en total

Archive

free counters
Blinkie Text Generator at TextSpace.net
Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Blog Archive

Followers

Followers

About Me

Foto Saya
Asep Muharam
Lihat profil lengkapku

Archives

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blinkie Text Generator at TextSpace.net
free counters
Blinkie Text Generator at TextSpace.net
Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Batavia 1943 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -